Langsung ke konten utama

SKALA KAWASAN PESISIR SELATAN KOTA TUAL

 PERENCANAAN SKALA KAWASAN PESISIR SELATAN KOTA TUAL TAHUN 2020

GAMBARAN UMUM WILAYAH

    Kota Tual adalah sebuah kota di Provinsi Maluku, Indonesia. Kota Tual pernah menjadi bagian dari kabupaten Maluku Tenggara sebelum Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2007 disahkan. Luas wilayah sekitar 19.342,39 Km2 dengan luas daratan sekitar 254,39 km2.

    Kota Tual secara Geografi terletak pada posisi 5°-6,5° LS dan 131°-133,5 Secara geografis berbatasan dengan :

* Utara Dengan Laut Banda
* Timur dengan Kab. Maluku Tenggara di Selat Nerong
* Selatan dengan Kec. Pp Kecil Kab. Maluku Tenggara
* Barat dengan Laut Banda
Peta Administrasi Kota Tual


PENETAPAN KAWASAN
    Penyepakatan penetapan Kawasan Permukiman Kumuh agar penanganan kumuh dapat dilaksanakan secara komprehensif, terintegrasi dengan system infrastruktur Kota. Penyepakatan dilakukan berdasarkan kriteria: 
  • 1. Kesamaan typology/karakteristik kekumuhan 
  • 2. Kedekatan lokasi sebaran dan konsentrasi Kawasan kumuh 
  • 3. Presentasi kekumuhan berdasarkan 7 indikator kumuh 
  • 4. Kebijakan/Rencana dan Struktur yang mengikat lokasi kumuh sehingga perlu direncanakan sebagai suatu kawasan 
Penyepakatan penetapan melahirkan clustering kawasan




ISU STRATEGIS KAWASAN
    
    Sebagai konsekuensi pengembangan Kota Tual sebagai daerah administratif baru, maka migrasi penduduk meningkat lebih cepat dari penataan kelembagaan dan perangkat aturan, sehingga terdapat spot-spot permukiman kumuh dan potensi munculnya permukiman kumuh serta minim dan menurunnya Infrastruktur dasar.
    
    Sebagian besar kawasan di Tual merupakan kawasan tepi air dan atas air sehingga konsep yang diterapkan harus menyesuaikan dengan tipologi kawasan. Karakteristik perumahan dan permukiman di daerah tepi pantai (permukiman nelayan) cenderung rapat.

    Di  kawasan pesisir,  perumahan umumnya bersifat sporadic,  dibentuk oleh masyarakat (housing by people) dan sifatnya freedom to build. Permukiman di kawasan pesisir ada dua macam yaitu, yang berada di area daratan dan di segmen perairan (di atas air). Permukiman yang  berada di  segmen perairan adalah permukiman yang  didirikan di  atas badan air, berbentuk panggung dengan material dari kayu dan bambu.

    Dominasi kawasan perumahan permukiman nelayan, yang umumnya kumuh dan belum tertata. Daerah atas air pada umumnya cenderung memiliki pola cluster, yang tidak teratur dan organik. Secara arsitektural, bangunan dibuat menurut kaidah tradisional maupun modern sesuai dengan latar belakang budaya dan suku masing-masing.


PETA LOKASI SKALA KAWASAN PESISIR SELATAN KOTA TUAL


PETA MASTER PLAN SKALA KAWASAN PESISIR SELATAN KOTA TUAL
















Komentar